Selasa, 25 Juni 2013

Tugas Manajemen Strategik



PENDAHULUAN
            Kebutuhan yang semakin meningkat pada kalangan wanita ,membuat banyak perusahaan semakin meningkatkan jumlah produksinya dibidang kosmetik yaitu kecantikan, kesehatan dan kebugaran . hal ini memang sudah menjadi kebutuhan seorang wanita yang kini telah masuk ke dalam kehidupan sehari-hari.
            Perusahaan kosmetik dan obat-obatan juga kini telah menjamur dimana-mana , perusahaan-perusahaan berlomba-lomba untuk menarik konsumen supaya konsumen terarik mau mencoba produk-produk yang baru dan perusahaan yang baru berdiri. Dan di media elektronik juga pernah membahas mengenai kosmetik-kosmetik yang terbuat dari benda-benda yang negatif ke dalam pembuatan kuesioner. Karena semakin banyaknya peristiwa-peristiwa dan kejadian yang justru memperburuk si konsumen itu sendiri.
            Dalam penjelasan di atas megenai produk-produk mustika Ratu, maka kami ingin membuat makalah tentang “ Analisis Manajemen Strategy untuk kasus PT Mustika Ratu.

LANDASAN TEORI  
            Manajemen strategi adalah  Manajemen strategi (strategic management) adalah seperangkat keputusan dan tindakan yang digunakan untuk memformulasikan dan mengimplementasikan strategi-strategi yang berdaya saing tinggi dan sesuai bagi perusahaan dan lingkungannya untuk mencapai sasaran organisasi.
            Tingkatan –tingakatan strategi adalah strategi tingkat perusahaan , strategi tingkat bisnis dan strategi tingkat fungsional. Strategi tingkat perusahaan adalah ditetapkan oleh manajer tertinggi di dalam oranisasi. Strategi tingkat bisnis adalah strategi yang ditetapkan oleh unit-unit bisnis . dan strategi tingkat fungsional adalah strategi yang berhubungan dengan fungsi-fungsi didalam organisasi perusahaan seperti bagian manajer keuangan, sumber daya dan sebagainya.
            Proses manajemen strategi yang pertama yaitu menetapkan arah dan misi organisasi maksudnya yaitu setiap oganisasi memiliki visi dan misi yang intinya sama dengan menetapkan dan melegalkan visi dan misi oganisasi agar tidak hilang dan tercampur dengan yang lain. Kedua memahami lingkungan eksternal dan internal organisasi yaitu dengan memahami kondisi internal seperti karyawan, laporan keuangan dan masalah yang sifatnya tertutup, sedangkan eksternal yaitu memahami kondisi seperti pesaing-pesaing di luar sana. Dan yang ketiga memformulasikan strategi dengan analisis SWOT ( strength, weakness, opportunities, threat ) yaitu menjelaskan tentang kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang atau kesempatan yang pastinya dimiliki oleh seluruh jenis perusahaan.



PEMBAHASAN
Sejarah Perusahaan
            Awal pendirian PT.Mustika Ratu pada tahun 1975, dimulai dari garasi kediaman Ibu BRA. Mooryati Soedibyo. Tahun 1978 PT.Mustika Ratu mulai menjalankan usahanya secara komersial, yaitu dengan memproduksi jamu yang didistribusikan di Jakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, dan Medan. Dalam perkembangannya permintaan konsumen semakin meningkat, hingga pada tahun 1980 an PT.Mustika Ratu mulai mengembangkan berbagai jenis kosmetika tradisional.

            Pada tanggal 8 April 1981 pabrik PT.Mustika Ratu resmi di operasikan. Dalam rangka memperkokoh struktur permodalan serta mewujudkan visinya sebagai perusahaan Kosmetika dan Jamu Alami Berteknologi Tinggi Terbaik di Indonesia. PT.Mustika Ratu melakukan penawaran umum perdana dan mencatatkan sahamnya di PT. Bursa Efek Jakarta pada tahun 1995. PT.Mustika Ratu memulai menerapkan standar internasional ISO 9002 tentang Sistem Manajemen Mutu serta ISO 14001 tentang Sistem Manajemen Lingkungan sejak tahun 1996.
Ruang lingkup kegiatan PT.Mustika Ratu meliputi pabrikasi, perdagangan dan distribusi jamu dan kosmetik tradisional serta minuman sehat, dan kegiatan usaha lain yang berkaitan.
Seiring dengan makin menggemanya semangat "back to nature", banyak orang di seluruh dunia kini makin menggandrungi produk-produk yang terbuat dari bahan alami dan proses produksinya tidak merusak kelestarian alam.

            Perusahaan Mustika Ratu telah lama tumbuh berdasarkan prinsip ini. produk-produk jamu dan kosmetik tradisional Mustika Ratu dibuat dari bahan-bahan yang sangat alami, hampir seluruh produk Mustika Ratu diramu dari resep leluhur. pusaka Keraton Surakarta Hadiningrat yang diwariskan turun temurun. berawal dari usaha rumah tangga kini telah tumbuh menjadi perusahaan consumer product yang besar. produk-produk Mustika Ratu telah memasuki puncak dari pasar domestik dan diterima di pasar luar negeri seperti Malaysia, Brunai Darussalam, Eropa Timur, Asia Timur dan Timur Tengah. bertolak dari keberhasilan ini perusahaan berencana memperluas pasar di luar negeri dan berencana meningkatkan ekspor produk-produk Mustika Ratu. Mustika Ratu akan terus menyempurnakan dan mengembangkan setiap aspek usahanya , dengan ini Mustika Ratu berharap untuk terus meningkatkan performa perusahaan sekaligus meningkatkan kontribusi pada masyarakat.
            BRA Mooryati Soedibyo sebagai founder Mustika Ratu , lahir di Surakarta 5 Januari 1928 tumbuh sebagai seorang puteri Kerajaan Keraton Surakarta , di bawah pengawasan kakek dan neneknya. dibimbing langsung eyang puterinya BRA Mooryati Soedibyo bukan hanya mempelajari tetapi juga mewarisi pengetahuan memilih tumbuhan berkhasiat serta meraciknya menjadi ramuan yang bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan yang selama ini menjadi monopoli para bangsawan. menginjak usia 15 tahun , BRA Mooryati Soedibyo sudah menguasai teknik tata rias dengan baik.
            keterampilan BRA Mooryati Soedibyo menjadi terkenal di kalangan ibu-ibu setempat, ibu-ibu yang hendak menikahkan anaknya minta tolong dibuatkan jamu komajaya, komaratih, lulur, mangir, parem lengkap, dll. pada tahun 1973 beliau mulai membuat jamu-jamu tradisional dalam skala besar di garasi rumahnya dan dibantu oleh 2 orang pembantunya. dan pada tahun 1975 mulai didirikan PT Mustika Ratu , pada awalnya hanya memproduksi 5 macam jamu beserta kosmetik tradisional seperti lulur, bedak, mangir, dan air mawar. lanjut pada tahun 1978 produk-produk Mustika Ratu mulai memasuki toko-toko melalui salon-salon kecantikan yang menjadi agen. dimulai di Jakarta, Semarang, Surabaya, Bandung dan Medan. permintaan pun meningkat hingga memasuki tahun 1980 an. menanggapi meningkatnya permintaan dan terbatasnya jumlah pegawai. BRA Mooryati Soedibyo mengumpulkan dana untuk modal kerjanya. dengan dana-dana yang sudah terkumpul pada tanggal 8 April 1981diresmikan pabrik PT Mustika Ratu oleh Menteri Kesehatan Bapak dr. Soewardjono Soeryaningrat dengan jumlah karyawan 150 orang.
Visi Mustika Ratu
q  menjadikan warisan tradisi keluarga leluhur sebagai basis industri perawatan kesehatan/ kebugaran dan kecantikan. penampilan paripurna (holistic wellness) melalui proses modernisasi teknologi berkelanjutan, namun secara hakiki tetap mengandalkan tumbuh-tumbuhan yang berasal dari alam.

Misi Mustika Ratu

q  falsafah kesehatan/ kebugaran dan kecantikan/ penampilan paripurna (holistic wellness) yang telah lama ditinggalkan. masyarakat luas, digali kembali oleh seorang Puteri Keraton sebagai Royal Heritage untuk dibagikan kepada dunia. sebagai karunia Tuhan dalam bentuk ilmu pengetahuan yang harus dipertahankan dan dilestarikan.

Budaya Perusahaan

q  mengutamakan peningkatan kepuasan pelanggan
q  bekerja dengan budaya kekeluargaan dan keakraban
q  menghargai integritas dan profesionalisme yang tinggi
q  menunjang kerjasama dan gotong royong dalam mencapai tujuan bersama

Marketing Mix

1.      Product

a)      Mustika Ratu
·         Tata rias dasar ( tasik kemuning, sikly white tinted moisturiser, basic make up pelembab, dempul lelet, foundation oxy, moisturizer oxy, alas bedak bengkoang whitening, pelembab bengkoang whitening, trend warna 2013 shimerry blush on, trend warna 2012 blush on, blush on swarna amber, blush on swarna amethys, trend warna 2011 blush on, bedak serbuk tasik jebuk sari, triple action cake oxy, bedak dwiguna bengkoang whitening, bedak tabur bengkoang whitening, sabun wajah bengkoang whitening, tren warna 2012 eyeshadow, tren warna 2011 eyeshadow, tren warna 2010 eyeshadow, tren warna 2009 eyeshadow, pensil alis langes, pensila alis soga, mascara ungu, mascara biru, tren warna 2013 lipshine, tren warna 2012 lipshine, lip care strawberry, tren warna 2011 lipshine, tren warna 2009 lipshine, tren warna 2010 lipshine, tren warna 2008 lipshine, tren warna 2007 lipshine, tren warna 2013 liquid lipstick sexy red, tren warna 2013 lipstick nude, tren warna 2012 lipstick, tren warna 2011 lipstick, tren warna 2010 lipstick, tren warna 2009 lipstick, tren warna 2008 lipstick, tren warna 2007 lipstick)
·         Perawatan wajah ( pembersih two in one bengkoang whitening, pembersih sari ketimun, pembersih sari mawar, pembersih sari jeruk nipis, pembersih sekar sari gambir, penyegar sari ketimun, penyegar sari jeruk nipis, penyegar sari mawar merah, penyegar sekar sari gambir, facial peeling soap puteri whitening, peeling mundisari, krem sekar menur, air sari mawar putih, krem malam bengkoan whitening, masker bengkoang, krem zaitun)
·         Perawatan badan ( rose body soap, pepaya body soap, kopi body soap, sabun cendana, sabun madu, sabun mawar, zaitun body soap, jasmine body butter, rose body butter, kopi body butter, hand and body lotion bengkoang whitening, hand and body lotion mangir kuning, hand and body lotion sari jeruk, hand and body lotion mangir putih, zaitun body butter, jasmine, rose, pepaya, kopi, zaitun body scrub, jasmine body shower gel, rose shower gel, pepaya bath shower gel, kopi bath shower gel, zaitun bath shower gel)
·         Perawatan rambut ( shampoo bayam, shampoo merang, shampoo daun landep, hair mask cem-ceman akar wangi, hair mask bilasan santan, penyubur rambut)
·         Herbal ( slimming gel plus jahe, slimming gel, slimming tea honey & lime double strengh, slimming tea, kaplet slimming, masker ayudara, ayudara massage cream, kaplet ayudara, pasak buwono, sleepwell tea, uric tea, wedang temulawak, kaplet pre meno, kaplet lokol, lokol tea, tox tea, kaplet subur rikmo, minyak telon, paket jamu selapan, kaplet komajaya komaratih, kaplet pos meno, ginasih cair, kaplet angsari, kaplet perawatan wanita, kaplet perawatan remaja puteri, pasta gigi daun sirih, cengkeh antiplaque mouthwash, daun sirih antiseptic mouthwash )





b)      Biocell
·         Tata rias dasar ( lipstick, biocolour foundation, biocolour stick foundation, biocolour loss foundation, biocolour triple action compact )
·         Perawatan wajah ( algae facial foam, sunflower facial foam, sunflower mascer cream, sunflower cleansing, algae cleansing, sunflower night gel, sunflower moistrizer gel, algae toning, biolift nano tech, sunflower eye gel, algae eye gel, algae night gel,sunflower peeling, algae peeling )

c)      Moor’s
·         Tata rias dasar ( moor’s lipstick LE 01, lipstick, eye shadow, lipgloss, face & body shimmer, blush on, correction pen, shading & highlight, inner blush on & anti shine powder, concealer, loose powder, teinted fluid semi covered, full covered liquid foundation, covered stick foundation, two way cake, pidi pengantin )

d)     Mustika puteri
·         Tata rias dasar ( compact powder puteri, hand & body lotion puteri, body scrub puteri whitening, facial peeling soap whitening, eye shadow and lipstick peachberry, liquid lipstick creamy banana split, lip care strawberry, lipstick puteri, silky white compact powder, silky white tinted powder, basic make up bedak serbuk, basic make up pelembab, acne penyegar, facial care penyegar, facial care pembersih )

e)      Ratu mas
·         Perawatan badan ( lulur krem mas sinangling, moisturizing and lightening body lotion, lulur kocok seruni, lulur kocok sari gading )

f)       Taman sari royal heritage
·         Perawatan wajah dan badan ( cocoa body lotion butter, neck and shoulder, organic body wash, bengkoang mask, body massage cream, papaya enzim bod polish, hand and body lotion )

2.      Price

Penentuan harga setiap produk dilihat dari komposisi tiap produk yang berbeda-beda dan setiap harga yang dipasang dari setiap produk memberikan hasil timbal balik yang sesuai dengan konsumen butuhkan.




3.      Place

Tempat untuk menjual produk-produk tersedia pada minimarket-minimarket terdekat sampai supermarket dan disetiap toko-toko yang menjual obat-obatan dan kosmetik, dan konsumen yang menggunakan produk ini adalah kalangan semua kalangan wanita dan remaja puteri.


4.      Promotion

Promosi yang dilakukan dengan iklan-iklan di media cetak dan elektronik serta mengadakan even-even kecantikan. Produk-produk Mustika Ratu yang sejak dahulu ada hampir seluruh konsumen sudah mengetahui produk ini jadi promosi yang dilakukan tidak terlalu gencar dan sering karena masyarakat sudah mengenal produk-produk kosmetik Mustika Ratu.

Analisis Internal Perusahaan

1)      Keuangan

Hasil audit bagian keuangan menunjukkan laporan posisi keuangan konsolidasian PT Mustika Ratu dari entitas anak pada tanggal 31 desember 2011,2010 dan 1 januari 2010/ 31 desember 2009. Entitas anak dengan persentase pemilikan sebesar 100 % yang berarti laporan keuangannya mencerminkan jumlah aset masing-masing sekitar 11%, 13,82%, dan 14,18% dan laba bersih masing-masing sekitar 0,15% dan 0,76%.

2)      Struktur organisasi

Struktur organisasi perusahaan yaitu terdiri dari president director, vice president director, finance director, marketing director, management representative, cooperate secretary, general manager finance, general manager human resources dan development, general manager sales and distribution, general manager eksport, GM Marketing, cooperat plan and development manager, cooporate audit manager, cooperate legal manager, cooperate new project development manager, cooperate management information syestem investment relation manager, GM Plant, quality control manager, production manager.






Analisis Eksternal perusahaan

ü  Pesaing perusahaan

a.       Sariayu ( PT Martina Berto )
Sariayu kosmetik juga hampir sama seperti Mustika Ratu, yaitu sama-sama menciptakan produk kesehatan dan kecantikan berlatarbelakang indonesia, perusahaan nya pun juga perusahaan indonesia. Banyak kesamaan-kesamaan antara produk Sariayu dengan Mustika Ratu, Sariayu dan Mustika Ratu juga sudah ada sejak dahulu. hal inilah yang menjadikan sariayu sebagai salah satu pesaing yang kuat bagi Mustika Ratu.



b.      Viva kosmetik ( PT Vitapharm )
Viva kosmetik juga merupakan salah satu pesaing dari Mustika Ratu, karena produk-produk dari viva juga berlabel dan berlatar belakang Indonesia, terlebih lagi viva dan Mustika Ratu juga memiliki perusahaan yang berasal dari Indonesia dan juga sudah ada sejak dahulu, Viva juga merupakan pesaing yang kuat bagi Mustika Ratu.

Analisis SWOT

A.    Strenght
Mustika Ratu memiliki banyak kekuatan di bidangnya yaitu kecantikan, kesehatan dan kebugaran, karena Mustika Ratu merupakan perusahaan yang menciptakan kebutuhan wanita yang sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari yaitu kosmetik dan obat-obatan yang terbuat dari alam dan bebas dari bahan-bahan yang berbahaya, terlebih lagi kini Mustika Ratu telah merambah pasar internasional dan juga secar tidak langsung turut membantu membuat nama Indonesia menjadi positif di mata dunia, karena Mustika Ratu membawa hasil buatan asli Indonesia dan menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki hasil-hasil tangan Indonesia yang bermanfaat dan positif.

B.     Weakness
Kelemahan dari Mustika Ratu ialah produk-produk yang dipasarkan dan dijual tidak semua barang nya tersedia di toko-toko obat dan kosmetik serta pasar modern. Dan produk-produk yang lengkap dan semuanya ada hanya sedikit sekali outlet resmi yang menjual produk-produk lengkap dari Mustika Ratu.

C.     Opportunities
Perusahaan dapat memperluas jangkauan dalam menjual produk-produk Mustika Ratu ditambah lagi Mustika Ratu merupakan Brand yang dijadikan sebagai pendukung acara penganugerahan dan pemilihan wanita tercantik di kelas dunia.

D.    Threat
Ancaman yang datang tentunya pasti ada , yaitu tak lain mengenai pesaing-pesaing yang kuat dan sejenis mengenai produk-produk nya . jika kita tidak menjaga dan kurangnya kreatifitas maka kita akan kalah dan digeser posisinya oleh pesaing yang merupakan salah satu ancaman terbesar dalam dunia bisnis dan usaha.



Sumber :www.mustika-ratu.co.id
              www.kosmetikcantik.com
               
Tugas Manajemen Strategik

Nama               : wihda widhi astuti
Npm /kelas      : 11209857/4ea16

Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar