Jumat, 12 Oktober 2012

Pengertian Etika Bisnis


PENGERTIAN ETIKA BISNIS

            Etika adalah suatu studi yang mengenai benar atau salah dan pilihan moral yang dilakukan seseorang. Selain itu etika adalah perbuatan standar yang memimpin individu dalam membuat keputusan.
            Etika bisnis adalah keseluruhan dari aturan-aturan etika baik yang tertulis ataupun yang tidak tertulis yang mengatur hak-hak dan kewajiban prosuden dan konsumen serta etika yang harus dipraktekan dalam bisnis. Etika bisnis mencakup hubungan antara perusahaan dengan orang yang menginvestasikan uangnya dalam perusahaan dengan konsumen, pegawai, kreditur dan pesaing.
  1. Orang yang menanam uang menginginkan manajemen dapat mengelola perusahaan secara berhasil sehingga dapat mengahsilkan keuntungan bagi mereka
  2. Konsumen menginginkan agar perusahaan menghasilka produk bermutu yang dapat dipercaya dengan harga yang layak
  3. Para karyawan menginginkan perusahaan mampu membayar balas jasa yang layak bagi kehidupan mereka dan memberi kesempatan naik pangkat atau promosi jabatan
  4. Orang – orang bisnis diharapkan melakukan tindakan etis dalam berbagai aktifitas di masyarakat
            Menjaga etika adalah hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan untuk melindungi reputasi perusahaan. Masalah etika ini selalu dihadapi oleh manajer dalam kehidupan sehari-hari dan harus dijaga terus menerus sebab reputasi perusahaan yang etis tidak dibentuk dalam waktu pendek tapi akan terbentuk dalam waktu yang panjang. Dan hal ini merupakan aset yang tak ternilai sebagai good will bagi perusahaan dan suatu trademark istimewa dalam competitive advantage.


Nama               : Wihda Widhi Astuti
Npm / Kelas    : 11209857 / 4EA16
Mata kulias      : Etika Bisnis #

Tidak ada komentar:

Posting Komentar