Sabtu, 10 November 2012

MANFAAT SAWI HIJAU DAN PUTIH


MANFAAT SAWI HIJAU DAN PUTIH

          Siapa yang tidak mengenal sawi, sayuran ini yang sering digunakan untuk masakan seperti bakso dan mie ayam. Siapa yang menduga bahwa di dalam sayuran sawi banyak sekali manfaat dan khasiat yang terkandung di dalamnya.
Sawi ternyata mampu membantu mencegah osteoporosis karena kandungan vitamin K dalam sawi dapat mengatur protein tulang dan kalsium di dalam tulang. Kandungan kalsium pada sawi juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah diabetes mellitus. Sawi juga mengandung niasin yang berfungsi memperkecil proses aterosklerosis dan akhirnya menurunkan kemungkinan terjadinya serangan jantung. Sawi juga dapat menjaga kornea mata agar selalu sehat dengan adanya vitamin A membuat sel epitel akan mengeluarkan keratin, yaitu protein yang tidak larut dalam air. Selain itu, kandungan asam folat dalam sawi berfungsi dalam proses sintesis nucleoprotein yang merupakan inti dari pembentukan dan produksi butir – butir darah merah normal dalam sumsum tulang yang dapat mencegah anemia. Kandungan vitamin E pada sawi dapat berfungsi sebagai antioksidan utama di dalam sel. The George Mateljan Foundation (2006) menggolongkan sawi dalam kategori excellent sebagai sumber viatamin E. Kebutuhan rata – rata vitamin E mencapai 10 – 12 miligram/hari. Selain vitamin E, betakaroten dan vitamin C pada sawi sangat baik untuk mencegah kolesterol dan penyakit jantung. Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL.
Sawi putih adalah sayuran yang kaya serat dan air serta antioksidan yang dapat mencegah terjadinya penyakit kanker. Karena serat yang cukup tinggi di dalam sawi putih ini menjadikan pencernaan kita menjadi sangat lancar dan menghambat tumbuhnya tumor di badan kita.
Sawi putih juga digolongkan sebagai makanan diet karena kalorinya yang rendah. Sawi putih mempunyai banyak vitamin dan mineral alami seperti vitamin C,E,K,B1,B2 dan B6 dan juga mineral seperti pottasium,kalsium,mangan,zat besi,fosfor,boron,nitron dan beta karoten.
Jadi janganlah takut dan ragu lagi untuk mengkonsumsi sawi hijau dan sawi putih karena banyak sekali manfaat positif yang kita dapat . semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar