Minggu, 25 November 2012

PRINSIP ETIS DALAM BISNIS


PRINSIP ETIS DALAM BISNIS

Berikut di bawah ini ada 10 macam prinsip dalam etika bisnis, yaitu :
1.      Etika bisnis dibangun berdasarkan etika pribadi. Kita dapat merumuskan etika bisnis berdasarkan moralitas dan nilai-nilai yang kita yakini sebagai kebenaran.
2.      Etika bisnis berdasarkan fairness. Dengan memberikan pertanyaan salah satunya apakah konsumen diperlakukan dengan adil?.
3.      Etika bisnis membutuhkan integritas. Integritas merujuk pada keutuhan pribadi, kepercayaan dan konsistensi, memperlakukan orang dengan jujur, hormat dan senantiasa menepati janji dan melaksanakan komitmen.
4.      Etika bisnis membutuhkan kejujuran. Kejujuran itu harus dimiliki oleh setiap perusahaan yaitu dengan tidak menutupi kekurangan yang dimiliki produk dan tidak mengelabuhi perusahaan lain.
5.      Etika bisnis harus dapat dipercayai. Jika perusahaan anda perusahaan baru dan sedang mengalami goncangan atau masalah maka secara etis anda harus mengatakan dengan terbuka kepada klien dan stakeholder anda.
6.      Etika bisnis membutuhkan perencanaan bisnis. Sebuah perusahaan yang beretika dibangun diatas realitas sekarang dan semakin jelas perusahaan tentang pertumbuhan, stabilitas dan keuntungan perusahaan .
7.      Etika bisnis harus diterapkan secara internal dan eksternal. Bisnis yang beretika harus memperlakukan konsumen dan karyawan dengan adil . etika yang baik juga diterapkan di ruang rapat redaksi, ruang negosiasi dan menepati janji dalam memenuhi kewajiban terhadap karyawan dan buruh.
8.      Etika bisnis membutuhkan keuntungan. Bisnis yang dikelola dengan baik dan benar akan menghasilkan keuntungan yang diinginkan oleh perusahaan.
9.      Etika bisnis itu berdaarkan nilai. Perusahaan yang beretika harus merumuskan standar nilai secara tertulis.
10.  Etika bisnis dimulai dari pimpinan. Kepemimpinan sangat berpengaruh terhadap corak lembaga pemimpin yang baik dan yang beretika akan menjadi teladan bagi anak buahnya.


Nama               : Wihda Widhi Astuti
Npm / Kelas    : 11209857 / 4EA16
Mata kuliah     : Etika Bisnis#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar